Galangan Kapal


Galangan kapal (Shipyard) adalah sebuah tempat yang berfungsi untuk memperbaiki kapalmodifikasi kapal, konversi kapal dan membuat kapal. Kapal-kapal ini dapat berupa kapal barang, tongkang, kapal tanker, kapal penumpang, dll. Untuk proses perbaikan, modifikasi dan konversi maka sebelumnya kapal harus melakukan pengedokan. Baru kemudian dilakukan pemeliharaan biasanya meliputi perbaikan konstruksi lambung, perbaikan propeller sterntube, pengecetan, penggantian cathodic protection, dll.

Sebuah lokasi galangan kapal akan berisi banyak crane, dok, slipway, bengkel, gudang bebas-debu, fasilitas pengecatan dan tempat yang sangat luas untuk fabrikasi kapal-kapal tersebut.

Di Indonesia sebagai negara maritime, memiliki banyak industry galangan kapal baik dalam sekala besar maupun kecil, baik yang sudah menggunakan teknologi modern atau yang masih menggunakan cara tradisional.

Galangan kapal pinisi

Galangan kapal
Galangan kapal modern

Berikut ini adalah beberapa galangan kapal milik Pemerintah Indonesia (BUMN)

 A. PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (DPS)

 
PT. Dok dan Perkapalan Surabaya atau biasa disebut PT DPS merupakan BUMN yang bergerak di bidang galangan kapal dan merupakan hasil nasionalisasi dari perusahaan Belanda dan berkantor pusat di Surabaya, Jawa Timur. Sejarah DPS dimulai pada September 22, 1910 ketika pemerintah kolonial Belanda didirikan NV Drogdok Maatschappij. Hal itu awalnya ditujukan untuk layanan kapal Belanda di Indonesia. Antara 1942 dan 1945, perusahaan ini dikelola oleh Pemerintah Jepang dengan nama Harima Zosen.
Setelah nasionalisasi perusahaan pada tanggal 1 Januari 1961, NV Maatschappij Droogdok Soerabaja menjadi sebuah perusahaan milik negara bernama PN Dok dan Perkapalan Surabaya. Berdasarkan Keputusan Menteri Komunikasi Laut pada tahun 1963, galangan Sumber Bhaita diintegrasikan ke dalam perusahaan. Kemudian, sejak 8 Januari 1976 perusahaan telah diasumsikan status hukum baru sebagai PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero).
Sejak 1961 saja dari database yang tersedia DPS telah memperbaiki dan membangun lebih dari 600 berbagai jenis kapal, dipesan oleh pelanggan lokal dan asing.
Dok Apung
Salah satu fasilitas dok apung di PT DPS

Alamat            : Jl. Perak Bar. No.433-435, Perak Utara, 
                          Pabean Cantian, Kota SBY, Jawa Timur 60165
Website           http://dok-sby.id

B. PT. Penataran Angkatan Laut (PAL)


PAL
PT. PAL Indonesia adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang industri galangan kapal. Kantor pusat dan industri galangan kapal ini terdapat di Surabaya, Jawa Timur.
PT. PAL Indonesia (Persero), bermula dari sebuah galangan kapal yang bernama MARINA dan didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1939. Pada masa pendudukan Jepang, Perusahaan ini beralih nama menjadi Kaigun SE 2124. Setelah kemerdekaan, Pemerintah Indonesia menasionalisasi Perusahaan ini dan mengubah namanya menjadi Penataran Angkatan Laut (PAL). Pada tanggal 15 April 1980, Pemerintah mengubah status Perusahaan dari Perusahaan Umum menjadi Perseroan Terbatas sesuai dengan akta No. 12, yang dibuat oleh Notaris Hadi Moentoro, SH.
Lokasi Perusahaan di Ujung, Surabaya, dengan kegiatan utama memproduksi kapal perang dan kapal niaga, memberikan jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal, serta rekayasa umum dengan spesifikasi tertentu berdasarkan pesanan.
Kemampuan rancang bangun yang menonjol dari PAL Indonesia telah memasuki pasaran internasional dan kualitasnya telah diakui dunia. Kapal-kapal produksi PAL Indonesia telah melayari perairan di seluruh dunia.

Alamat            Jl. Hangtuah 295-297, RT.000/RW.00, Ujung, 
                          Semampir, Kota SBY, Jawa Timur 60155
Website           http://www.pal.co.id

C. PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (DKB)


Kodja Bahari
PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari (Persero) adalah perusahaan galangan kapal milik Pemerintah Indonesia yang berkantor pusat di Jakarta. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1990 sebagai gabungan dari 4 perusahaan galangan kapal, yaitu PT Dok & Perkapalan Tanjung Priok (Persero), PT Kodja (Persero), PT Pelita Bahari (Persero) dan PT Dok & Galangan Kapal Nusantara (Persero).


Alamat            Jl. Sindang Laut No.101, RW.11,  Kali Baru, Cilincing, 
                          Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14110
 Website           http://dkb.co.id/

         D. PT Industri Kapal Indonesia (IKI)


IKIPT Industri Kapal Indonesia (persero) adalah perusahaan galangan kapal milik Pemerintahan Indonesia yang berkantor pusat di Makassar, Sulawesi Selatan.
Sejarah PT IKI :
    1963 : Mulai dari Proyek Galangan Kapal Makassar.
    1977 : Didirikan pada 29 Oktober 1977
    1984 : Nama perusahaan berubah menjadi PT. Industri Kapal Indonesia (Persero)

Alamat            Jl. Galangan Kapal No.31, Kaluku Bodoa, Tallo, Kota Makassar, 
                          Sulawesi Selatan 90211
Website           http://www.ikishipyard.co.id

0 Response to "Galangan Kapal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel